Selasa, 01 Februari 2011

TEKANAN

TEKANAN
Tekanan pada suatu benda dapat dibedakan menjadi 3, yaitu tekanan pada zat padat, zat cair, dan gas. 
A. Tekanan pada zat padat
        Semakin besar gaya yang bekerja pada suatu benda, tekanan akan semakin besar. sebaliknya semakin kecil gaya yang bekerja pada suatu benda tekanan semakin kecil. Selain itu, semakin besar luas bidang sentuh suatu benda, tekanan semakin kecil. Sebaliknya, semakin kecil luas bidang sentuh suatu benda maka tekanan semakin besar.Jadi, tekanan berbanding lurus dengan gaya dan berbanding terbalik dengan luas bidang sentuh. 

Keterangan:
P: Tekanan(N/m)
F: Gaya(joule)
A: Luas bidang sentuh(m)

Konsep tekanan sering dimanfaat kan dalam kehidupan sehari-hari. berikutnya beberapa contoh penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari: 
  1. sirip ikan yang lebar memungkinkan ikan lebih mudah bergerak didalam air karena ada gaya dorong dari gerakan sirip yang lebar. sirip ikan akan memberikan tekanan yang besar ke air ketika sirip digerakan. oleh karena itu,ikan memperoleh gaya dorong dari air.
  2. Orang-orang yang hidup di daerah bersalju memanfaatkan konsep tekanan .mereka membuat sepatu salju yang ber alas besar, sehingga dapat memper kecil tekanan berat tubuh pada salju. hal ini memper mudah dalam berjalan di atas salju.
  3. Mata kapak dibuat tajam unyuk memper besar tekanan, sehingga memper mudah tukang kayu dalam memotong atau membelah kayu. orang yang memotong kayu dengan kapak yang tajam akan lebih sedikit mengeluarkan tenaganya daripada menggunakan kapak yang tumpul dengan gaya yang sama. jadi, kapak yang baik adalah kapak yang luas permukaan bidang nya kecil.  
 B. Tekanan pada zat cair
         Ketika kamu berenang,semakin kedalam, tekanan yang kamu rasakan akn semakin besar. hal ini menunjukan bahwa kedalaman zat cair mempengaruhi nilai tekanan pada zat cair. pembeda  zat cair adalah massa jenis, tekanan didalam zat cair juga dipengaruhi oleh massa jenis zat cair tersebut semakin besar massa jenis zat cair, semakin besar pula zat cair tersebut. berdasarkan uraian tersabut diperoleh rumus tekanan hidrostatis sebagai berikut.
 
Keterangan:
P : tekanan
g : percepatan gravitasi
p : massa jenis
h : kedalaman zat cair  


 







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar