Selasa, 22 Februari 2011

Hukum Pascal
     Blaise pascal mengemukakan suatu hukum yang dikenal dengan "HUKUM PASCAL". Hukum pascal adalah tekanan yang diberikan pada zat cair dalam ruang tertutup deteruskan kesegala arah dengan sama besar. Hukum pascal dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dongkrak hidrolik.
     Dongkrak hidrolik digunakan pada saat mengganti ban mobil. pada dasarnya dongkrak hidrolik terdiri dai beberapa komponen
  1. Dua buah bejana berhubungan terbuat dari bahan yang kuat, misalnya besi.
  2. Penghisap kecil dan besar.
  3. Minyak pengisi bejana.
     Cara kerja kerja dongkrak hidrolik adalah ketika sebuah gaya F1 diberikan melalui tuas dongkrak sehingga menekan pengisap kecil A1,maka tekanan tersebut diteruskan oleh minyak ke segala arah. selanjutnya, tekanan tersebut diteruskan oleh minyak ke pengisap besar A2. tekanan pada pengiap kecil atau A1 dapat dituliskan dalam bentuk matematis sebagai berikut.






Tekanan P1sama dengan tekanan yang diterima penghisap besar A2.secara matematis dapat ditulis sebagai berikut .
 Keterangan:
P1: tekanan hidrostatis pada  pengisap kecil
P2: tekanan hidrostatis pada pengisap besar
F1: gaya pada pengisap kecil
F2: gaya pada pengisap besar
A1: luas penampang pengisap kecil
A2: luas penampang pengisap besar
         selain dongkrak hidrolik, hukum pascal juga diman faat kan pada peralatan antara lain
  1. mesin hidrolik pengangkat mobil yang digunakan di tempat pencucian mobil  dengan cara kerja sama dengan dongkrak hidrolik .
  2. rem mobil digunakan umtuk mengentikan laju mobil. prinsip kerjanya gaya diberikan pengemudi pada pedal rem , kemudian gaya tersebut diteruskan oleh minyak melalui pipa.  sehingga, memberikan gaya yang lebih besar pada rem yang terdapat di ban mobiljadi laju mobil dapat dikurangi.
  3. mesin pengepres kapas yang digunakan untuk mengepres kapas dari perkebunan, sehingga mempunyai ukuran yang cocok untik disimpan atau di distribusikan.cara kerja kempa adalah gaya tekan dihasilkan oleh pompa yang menekan penghisap kecil. sehingga penghisap besar bergerak keatas dan mendorong kapas. Akibatnya, kapas menjadi lebih mampat.
  4. Pompa hidrolik memanfaatkan hukum pascal, yaitu membutuhkan sedikit tenaga daripada pompa biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar